Rabu, 28 September 2016

TIPS SUKSES USAHA KATERING BAGI PEMULA

Menjalankan usaha kuliner saat ini menjadi salah satu bisnis paling menjanjikan untuk di jalankan, prospek usaha ini akan terus naik mengingat kuliner atau makanan merupakan kebutuhan pokok bagi semua manusia. Salah satu usaha bidang kuliner yang bisa di jalankan adalah usaha katering. Usaha katering menjadi tren bisnis belakangan ini dan jumlah pengusaha katering terus meningkat sampai saat ini sehingga persaingan di dalam bisnis katering ini cukup ketat.

Usaha katering ini sangat cocok di jalankan oleh semua kalangan baik itu laki-laki atau perempuan tetapi lebih tepatnya pada ibu rumah tangga, karena memasak merupakan kegemaran dari ibu rumah tangga. Usaha katering juga cocok di jalankan bagi siapa saja yang memiliki kegemaran terhadap makanan atau bagi anda yang melihat peluang yang besar di dalam bisnis katering ini.

Usaha katering ini biasanya di butuhkan ketika ada acara seperti seminar, rapat kerja, reuni,  pernikahan hajatan, sunatan dan lain sebagainya. Saat ini hampir setiap hari pasti ada saja acara tersebut terutama di daerah pemukiman padat seperdi di kebanyakan di daerah Indonesia. Katering menjadi pilihan banyak orang karena dengan katering, tidak perlu repot-repot untuk mempersiapkan konsumsi untuk para tamu undangan. Nah, bagi anda yang ingin sukses untuk usaha katering salah satunya mungkin bisa membaca beberapa tips sukses usaha catering bagi pemula berikut ini, siapa tahu bisa bermanfaat bagi anda.

usaha katering
USAHA INDAH'S CATERING

usaha katering
PERSIAPAN PENGANTARAN


Tips Sukses Menjalankan Usaha Katering Bagi Pemula

1. Mempersiapkan Modal Awal
Modal awal untuk memulai usaha katering tergantung dari skala usaha katering itu sendiri. Karena anda masih pemula, sebaiknya anda memulai usaha katering dari skala kecil saja, yakni dengan modal sekitar 2-5 jutaan saja. Nantinya bisa anda kembangkan dengan menggunakan uang dari keuntungan bisnis katering anda. Untuk menekan modal awal, anda bisa memanfaatkan perlengkapan dapur dari rumah anda.

2. Menentukan Lokasi Usaha Katering
Usaha katering sebenarnya bisa di jalankan dimana saja, baik di desa maupun di kota. Tetapi dengan syarat lokasi yang strategis. Karena dengan lokasi yang strategis akan banyak orang yang mengetahui sehingga banyak yang menggunakan katering anda. Lokasi yang strategis adalah lokasi yang ramai dengan jumlah pemukiman penduduk yang padat.

3. Jenis Makanan dan Kualitas Makanan
Dalam menjalankan usaha catering, anda harus menawarkan masakan beraneka jenis. Maka dari itu, anda harus memperbanyak pengetahuan tentang makanan dan belajar bagaimana membuat makanan tersebut. Selain itu, anda harus menjaga kualitas makanan karena merupakan salah satu hal yang sangat penting. Usahakan kualitas makanan mulai dari rasa, kebersihan/steril, bentuk dan kesehatan berada pada standar yang baik.


4. Strategi Pemasaran/Promosi Katering
Strategi pemasaran seperti promosi dan promo sangat penting dalam meningkatkan usaha katering Anda. Dari mana orang lain bisa tahu jika anda tidak mempromosikan usaha catering Anda. Apabila setelah ada orang yang memesan katering anda, anda bisa menawarkan promo harga murah untuk strategi awalan. Bila kesan pertama anda dari konsumen tersebut memuaskan, maka tidak menutup kemungkinan konsumen tersebut menyebar luaskan usaha katering anda kepada konsumen lain. Dengan begitu anda terbantu promosi dari orang lain.

5. Harga
Karena anda masih pemula dalam memulai usaha ini, jangan mematok harga makanan yang terlalu tinggi. Berikan harga yang anda tawarkan bersahabat agar banyak konsumen yang menggunakan katering anda. Makanan lezat dan harga yang bersahabat menjadi kunci kesuksesan usaha katering anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar